TIPS MEMBUAT UANG AWET SAMPAI AKHIR BULAN

Pasti banyak nih dari pembaca ya suka ngeluh masalah gaji/uang bulanan yang udah mepet sebelum akhir bulan alias PTT (Percepatan Tanggal Tua). Hal ini pasti jadi masalah besar kan khususnya para mahasiswa/pekerja yang tinggal ngekos ?
Untuk itu Uninfoter bakalan bagi tips nih biar uang bulanan tetep awet sampai akhir bulan. Berikut beberapa tips nya.

1. Buat Skala Prioritas Kebutuhan
Skala Prioritas Kebutuhan
Skala Prioritas Kebutuhan

Nah, hal ini sebenernya penting banget nih tapi banyak orang yang nyepelein dan males membuatnya. Dengan skala prioritas kebutuhan sebenarnya kita bisa mengantisipasi kebocoran dana bulanan untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Jadi mulai sekarang, biasakan membuat skala prioritas kebutuhan diawal bulan sebelum membelanjakan/menggunakan uang bulanan.


2. Kurangi Hobi Belanja
Kurangi Hobi Belanja
Hobi Belanja
Hobi ini lebih sering melanda kaum hawa nih, namun pada zaman sosialita seperti ini bukan berarti tidak ada kaum laki-laki yang gak hobi belanja. Hobi ini bisa jadi salah satu masalah bagi keuangan kita nih. Melihat diskon 20% langsung cepet-cepet beli. Eits.... jangan cepet tergiur dulu dengan diskon, karena pada kenyataannya bisa jadi diskon itu aslinya hanya dibawah 20% atau bahkan tidak ada diskon sama sekali loh. Kok bisa?? Hal ini disebabkan oleh trik marketing penjual dengan menaikan terlebih dahulu harga barang sebelum diberi diskon. Jadi jangan terlalu buru-buru membeli barang ketika diskon ya. Tapi sesuaikan lagi dengan kebutuhan kita.

3. Cari Pekerjaan Tambahan

Cari Pekerjaan Tambahan
Pekerjaan Tambahan
Dizaman sekarang kebutuhan harganya terus meningkat pesat tapi tidak sebanding dengan pendapatan yang lajunya cenderung lebih lambat. Untuk itu diperlukan dua pekerjaan sekaligus yaitu main-job dan side-job. Pilihlah side-job sesuai kesanggupan, misalnya kita sanggup mengajari bahasa inggris untuk tingkat SD maka bukalah jasa les privat bahasa inggris untuk tingkat SD.

4. Memberi Sedekah

Memberi Sedekah
Sedekah

Meskipun kita menghemat keuangan bukan berarti sedekah berhenti juga. Tetap beri sedekah, tak perlu besar-besar banget asalkan pantas dan sesuai dengan kesanggupan kita. Dengan ini diharapkan bisa memberi bantuan pada yang lebih membutuhkan dan ketika kita terkena musibah juga ada yang mau menolong kita.

5. Mengolah Barang Bekas Yang Tidak Terpakai
Mengolah Barang Bekas Yang Tidak Terpakai
Daur Ulang Barang Tak Terpakai

Pasti banyak nih ditempat tinggal kita barang-barang yang udah gak pernah kita pake lagi. Daripada langsung dibuang begitu saja mending didaur ulang. Misalnya banyak botol plastik, dah botol plastik itu bisa kita gunting-gunting menjadi lampion atau kotak pensil yang unik dan lucu kemudian bisa kita jual secara online maupun offline. Atau bisa juga menjual barang-barang bekas seperti gitar,barang elektronik,dll. ke toko barang bekas baik online maupun offline.

Sekian tips dari Uninfoter, mudah-mudahan berguna buat pembaca semua. Dan bagi pembaca yang ingin nambahin tips tentang mengatasi problem keuangan ke yang lain bisa sharing di komentar. Sampai jumpa di post berikutnya......
TIPS MEMBUAT UANG AWET SAMPAI AKHIR BULAN TIPS MEMBUAT UANG AWET SAMPAI AKHIR BULAN Reviewed by Black Lotus on 10:40 am Rating: 5

3 comments

  1. uang ga bisa di bawa mati, tapi ga ada uang rasanya mau mati :v

    ReplyDelete
  2. uang ga bisa di bawa mati, tapi ga ada uang rasanya mau mati :v
    solusi nya mimin black lotus ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena itu sedekah, kelebihan yang kita punya kita bagikan pada orang yang membutuhkan. Ini nantinya yang menjadi bekal kita ketika kita wafat. Seperti diartikel diatas. Tidak perlu besar-besar sekali yang penting pantas dan sesuai kesanggupan

      Delete